RSS

Masalah Kulit pada Bayi dan Anak

18 Agu
Orang tua kerap bingung terhadap problem yang timbul pada kulit anaknya. Apa sajakah itu? Apakah setiap kemerahan pada kulit bisa disimpulkan alergi? Apa saja kelainan kulit akibat reaksi alergi dan apa saja yang bukan?
Sebelumnya perlu diketahui dulu definisi alergi. Alergi adalah keadaan sensitive yang berlebihan akibat paparan dengan alergen tertentu (yang sifatnya khas pada orang tertentu). Nah, tidak semua kemerahan pada kulit itu berhubungan dengan reaksi alergi.
Miliaria (Biang Keringat)
Gambarannya berupa rash kemerahan dan kasar seperti bintil-bintil pada kulit, menimbulkan gatal, dan diakibatkan karena tersumbatnya saluran keluar kelenjar keringat yang sedang aktif terutama pada keadaan panas dan lembab.

Biang keringat bukanlah reaksi alergi.

Penanganannya: hindari panas dan lembab. Untuk membuka kembali saluran keringat yang tersumbat bisa dengan lanolin anhydrous dan untuk mengatasi gatal bisa dengan calamine lotion.

miliaria

miliaria

Diaper Rash/Ruam Popok (kemerahan di daerah yang tertutup popok)
Diaper rash atau disebut juga diaper dermatitis terjadi karena lembabnya daerah yang tertutup popok oleh urin dan/atau feses. Karena keadaan yang lembab itu maka berbagai hal dapat terjadi, yaitu bisa terjadi infeksi jamur (candidiasis) karena jamur tumbuh subur di lingkungan lembab, dan juga bisa terjadi dermatitis kontak iritan, karena keadaan yang lembab dapat meningkatkan penetrasi zat alkali seperti sabun yang masih menempel pada popok, dan juga feses yang bercampur dengan urin yg bersifat alkali (basa). Keadaan yang basa ini mengiritasi kulit sehingga timbullah diaper rash.

Selain itu diaper rash juga bisa terjadi karena dipicu dengan gesekan popok pada kulit, terutama untuk yang pakai popok sekali pakai karena bahannya tidak sehalus popok kain. Atau bisa juga terjadi setelah konsumsi antibiotik yang berlebihan sehingga mengganggu flora normal dan memberi kesempatan jamur untuk tumbuh subur di tempat yang teriritasi. Diaper rash juga bukan reaksi alergi.

Penanganannya: produk-produk yang mengandung zinc oxide. Bila terbukti ada infeksi jamur, maka dapat diberikan krim antijamur seperti nistatin, clotrimazol, miconazol.

Untuk perawatan di rumah ganti popok sesering mungkin, jaga daerah kelamin dan sekitarnya tetap kering dan bersih.

diaper rash

diaper rash

Eksema Susu
Kemerahan ini biasanya terjadi di sekitar pipi, dahi, kepala, dan leher. Sehingga orang menyebutnya eksema susu, padahal tidak berkaitan dengan susu. Tentunya susu yang tidak dibersihkan bisa saja menjadi iritan dan mencetuskan terjadinya eksema susu ini. Tapi sebenarnya eksema susu itu merupakan manifestasi dermatitis atopik pada bayi. Gambarannya berupa bercak kemerahan kasar bersisik pada kulit dan gatal. Hati-hati umumnya dermatitis atopik bisa ditemukan berkelompok dengan kelainan atopi yang lain misalnya urtikaria, asma, rhinitis alergika, dimana pada kelainan ini dijumpai IgE yang berlebihan dalam darah. Masalah kulit ini berkaitan dengan reaksi alergi. Jadi perlu dicari tahu pencetusnya, bisa berupa makanan, debu, tungau debu rumah, ataupun binatang.

Dermatitis atopik pada anak gambarannya agak berbeda. Biasanya selain bersisik juga bisa basah, dan bisa terjadi penebalan kulit karena sering digaruk. Letaknya juga agak berbeda. Bercak kemerahannya biasanya berada di daerah lipatan kulit seperti di siku, lipatan belakang lutut, dan lipatan bokong-paha.

Penanganannya:

  1. Pelembab. Keadaan yang lembab merupakan kunci penanganan karena eksema susu sangat kering dan bersisik, dengan menambah kelembaban fungsi kulit akan dikembalikan seperti semula. Pilih pelembab yang berbasis lemak (krim) yang mempunyai efek anti gatal, antibakterial sekaligus atioksidan karena akan melindungi kulit dari gangguan lemak oleh radikal bebas yg terjadi karena proses radang tersebut.
  2. Obat-obatan:
    1. Steroid topikal. Reaksi radang dapat dikurangi dengan pemberian steroid. Potensi steroid disesuaikan dengan berat ringannya eksema susu
    2. Calcineurin inhibitor seperti tacrolimus dan pimecrolimus yang berfungsi sebagai imunomodulator (pengatur imun), tapi golongan ini hanya untuk anak berusia 2 tahun atau lebih.
eksema susu (Dermatitis Atopik pada bayi)

eksema susu (Dermatitis Atopik pada bayi)

dermatitis atopik pada anak

dermatitis atopik pada anak

Urtikaria
Bahasa awamnya kaligata. Urtikaria juga merupakan reaksi alergi. Tapi ini merupakan reaksi alergi tipe 1 yang bersifat cepat. Jadi timbul tak lama setelah terpapar dengan alergen, misalnya obat-obatan, makanan, gigitan serangga, serbuk bunga, lateks, dan lain-lain. Gambarannya berupa bentol yang besar-besar, gatal, dan kemerahan. Reaksi ini dapat disertai dengan kelainan yang lebih serius misalnya angioedema (bengkak di saluran napas sehingga timbul sesak), ataupun bronkospasm, bahkan hingga syok anafilaktik.

Penanganan:

Bawa ke UGD karena termasuk kegawatdaruratan. Dokter akan memberikan antihistamin dan kortikosteroid sebagai pertolongan pertama.

urticaria

 
13 Komentar

Ditulis oleh pada Agustus 18, 2009 in Perawatan Bayi

 

Tag: , , , , , , , , ,

13 responses to “Masalah Kulit pada Bayi dan Anak

  1. m-gi

    November 26, 2009 at 1:52 am

    bisa nanya gak disini??
    anakku 8 bulan berat 10 kg,lagi mengalami masalah kulit, klo sy baca dari artikel diatas, dia masuk katagori miliaria,uda konsul sm DSA,pertamanya di bilang kena virus, di kasi obat,drops gtu deh,bentolnya mau berkurang, tpi abis itu muncul lagi,..konsultasi lagi di bilang biang keringat, disuruh jaga kebersihan bayi, dan di kasi vitamin,sesering mungkin tiap dia keringatan sudah saya lap, tapi kenapa makin hari bentol2nya tambah banyak,bentol2 ini tidak bergerombol, dia memencar di area muka,kepala,tangan dan kaki, sekarang malah ada di pundaknya, (kayak kena cacar) cuma di area bagian perut bersih ga kena bentol, bentol2 ini ada yang permukaannya keras kalo di tekan, ada yg biasa aja…..klo pagi bentol2 ini tidak begitu kentara, tapi kalo sudah siang n bayiku mulai keringatan, muncullah dia …saya juga uda olesi pake caladine lotion, mau berkurang, tapi tetep gak bisa hilang total, karena yang stau hilang yang lainya muncul lagi,..mohon sarannya donk, apa yg hrs saya lakukan, kasihan bayi-ku badannya gak pernah mulus,…krn bekas2 bentol itu jadi item…terimakasih sebelumnya.

    Ibu-nya Raka di Bali

     
    • mybabynmom

      Desember 30, 2009 at 2:28 am

      Hi Ibunya Raka..
      Salam kenal ya dari kami. Bila membaca tulisan Ibu kemungkinan itu prurigo. Coba googling ttg prurigo ya.. apa benar gambarannya seperti itu. Bila ya, Ibu bisa dapat informasi lengkap dari gambaran klinisnya sampai penanganannya. Istilah awamnya darah manis. Maaf kami hanya bisa memantu memberikan kata kunci (keywords) dengan mengira2 dari gambaran yg ibu tulis, karena kami tdk melihat gambarannya langsung. Semoga bermanfaat.

       
      • m-gi

        Januari 6, 2010 at 1:15 am

        Dear my babynmom,
        Thanks bgt buat balasannya, setelah googling puji Tuhan anak saya tidak mengalami masalah kulit yang disebut PRURIGO tsb,..setelah konsul ke dokter kulit, akhirnya terkuak anak saya kemungkinan alergi sama bubur bayi instan, dan kemungkinan alergi dengan kandungan AA & DHA dlm susu yang dia minum,..solusinya,..buburnya saya ganti pure buatanku sendiri dan saya ganti merk susu-nya,…Syukur bentol-bentol dikulitnya pelan2 mulai berkurang dan berangsur sembuh….
        Buat ibu-ibu yang mengalami masalah pada kulit bayi-nya semoga tulisan saya ini bisa membantu….

        salam hangat dari Bali.

         
  2. fetta

    Juli 10, 2010 at 1:41 pm

    Saya mau tanya. Kakak saya yg berusia 17 tahun memiliki permasalahan kulit, tepatnya di bagian kaki. Di kakinya terdapat banyak bentol. Awalnya hanya bentol merah dan terasa gatal. Namun lama kelamaan bentol ini menjadi hitam dan keras. Hal ini disebabkan oleh gigitan nyamuk. Dan karena nakal, jadilah dia garuk bentol itu sampai puas. Ini semua terjadi sejak umur dia 3 tahun hingga sekarang 17 tahun. Semua cara sudah dia lakukan. Baik itu memakai salep, bedak anti gatal, hingga obat. Namun, hasilnya belum maksimal. Masih saja bekas bentol itu menempel di kakinya. Meskipun saya akui, warna hitamnya sudah mulai hilang. Hal ini membuat dia tidak pd jika memakai celana pendek. Maka dari itu, saya ingin bertanya.
    Sebenarnya kakak saya mengidap penyakit kulit apa ya ? Mohon diberi pencerahan atas kasus ini.
    Terima kasih.

     
    • mybabynmom

      Agustus 30, 2010 at 10:04 am

      Hi Ibu Fetta, coba Ibu googling dengan keywords prurigo. Kalau betul gambarannya mirip dengan kasus kakak Anda berarti kemungkinan besar memang prurigo.
      Sebetulnya apabila tidak digaruk maka bentol2nya akan lebih mudah diatasi. Tapi memang pada beberapa orang yang biasanya dipengaruhi faktor psikis, misalnya stress, dll maka keinginan menggaruk menjadi sangat besar terutama pada malam hari dimana kesibukan mulai berkurang sehingga perhatian tertuju pada kaki yg gatal. Akibatnya kalau terus menerus maka akan terjadi neurodermatitis dimana kulit sudah menebal dan menghitam. Ada obatnya yaitu dengan salep kortikosteroid yang kuat yang apabila rutin dipakai maka perlahan2 akan menipis dan lama-kelamaan hilang tapi tentunya tidak digaruk2 lagi. Obat bisa diperoleh dari dokter kulit. Mudah2an membantu ya…

       
  3. Fian

    Mei 2, 2011 at 1:18 am

    saya mau tanya, anak saya umur 5 bulan ada bentolan berair disekujur tubuhnya, awalnya cuma 1 trus sekarang bertmbh bnyak, anakku tdk demam, aku cb bawa ke bidan terdekat,katanya anakku alergi, karena anakku minum asi saja jd aku ga boleh makan telur, oleh bidan diberi salep Erla Neo hydrocord, obat puyer sama antibiotik sirup. tp smpe sekarng da 2 hr bentolnya ga berkurang mlh nambah. kira2 apa betul itu alergi ato krn apa ya. mohon bantuannya trima kasih.

     
    • mybabynmom

      Mei 27, 2011 at 3:25 am

      Ada baiknya Ibu membawanya ke dokter anak Bu, karena hrs dilihat langsung. Sebaiknya obat baru diberikan setelah diagnosanya jelas. Reaksi alergi biasanya bukan bentol berair. Coba cek ke dokter deh ya..

       
  4. Riva

    Mei 20, 2011 at 5:23 am

    Dear MybabyNmoms.
    Baby ku 8bulan,timbul bentol-bentol di setiap lipatan kulit aku sudah consul k Dsa katanya cuma biang keringat dan ada jamur tapi setelah diberi salep tetap tdk sembuh,kasusnya sama persis seperti ibu raka di bali,,yang mau aku tanya kalau alergi kandungan AA dan DHA mengapa baru terkena setelah 8 bulan y? Sedangkan anak saya sudah mengkonsumsi sufor sejak lahir,,mohon penjelasannya bila berkenan terimakasih sebelumnya

     
    • mybabynmom

      Mei 27, 2011 at 3:22 am

      Lepas dari apakah betul itu alergi atau jamur atau biang keringat (dokter anak atau dokter kulit dapat memastikan bila memeriksa langsung), alergi memang dapat timbul kemudian Ibu. Tidak harus sejak awal pajanan. Justru setelah pajanan ke sekian kebanyakan baru timbul reaksi karena peran dari sel memori. Mgk bs langsung cek lagi ke Dokter. Salam…

       
      • Lyla

        Mei 4, 2013 at 2:35 pm

        Dear mybabynmom namaq lila.ank sy umur 16 bulan.dari 1bulan lalu ank sy pantatnya merintis besar2 dan merah.sy sudh k dokter ank.ktanya karna popok atau pampers.sy sudh mengurangi pemakain pampesnya.hanya wakt tidur malam saja.tp sampai skrarang mash ada,dan gatal.merintis yg pertma sudah hilang,malah ganti meluas di area sekitarnya.mhon solusinya

         
      • mybabynmom

        Mei 6, 2013 at 4:18 am

        Dear Ibu Lyla, coba balik ke dokter ibu, karena bisa jadi sudah ditumpangi infeksi jamur yang menimbulkan rasa gatal dan merah juga karena lembab. bila seperti itu obatnya tentu tidak sama lagi, perlu diganti

         
  5. marillyn mokalu

    November 18, 2012 at 5:29 am

    mau nanya, putri saya 4 bln lebih mengalami masalah kulit di atas hidung, menyebar sampe atas kening. kulitnya berwarna bercak2 putih (kalau pd org dewasa seperti panu :( ). bagaimana atau apa sebenarnya penyebabnya?

     
    • mybabynmom

      Mei 6, 2013 at 5:30 am

      Dear Ibu Marilyn, sebaiknya ibu berkunjung ke dokter agar dapat dilihat kelainannya. Terima kasih.

       

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: